Kamis, 18 September 2014

Misteri Teuku Markam

Pada masa pemerintahan Soekarno, Teuku Markam dikatakan memiliki andil besar dalam memajukan perekonomian bangsa Indonesia. Diantaranya, dia tercatat sebagai salah seorang yang ikut membebaskan Senayan untuk dijadikan sebagai pusat olah raga terbesar di Indonesia. Tidak hanya itu saja, andil Teuku Markam juga terlihat pada pembangunan infrastruktut di Aceh dan Jawa Barat dan juga jalan Medan-Banda Aceh. Atas peran terselubungnya itulah Teuku Markam sempat dijuluki sebagai kabinet bayangan pada masa pemerintahan Soekarno.

Namun kemudian nama Teuku Markam sendiri seolah menghilang begitu saja, bahkan generasi sekarang banyak yang tidak mengetahui sosok Teuku Markam ini.  Akan tetapi bila ditilik kembali mengenai sejarah Teuku Markam, seoran sejarawan dari Universitas Indonesia, Anhar Gonggong mengaku tidak mengetahui dengan pasti mengenai kebenaran Teuku Markam sebagai seorang saudagar kaya yang menyumbang emas buat Monas. Namun mengenai sejarah antara Markam dan Soekarno yang memiliki kedekatan itu diakui Anhar memang benar. Selain itu mengenai sosok Markam yang sebagai saudagar kaya raya asal Aceh dibenarkan olehnya.
    
Setelah Soekarno lengser dan berganti dengan era Soeharto, Teuku Markam merupakan salah satu saudagar kaya yang namanya tenggelam. Ada pula kabar yang mengatakan Teuku Markam diasingkan dan dipenjara serta dituduh sebagai antek PKI. Memang mengenai kebenaran berita ini masih belum ada bukti yang cukup kuat, namun atas segala jasa Markam yang pernah diberikan kepada bangsa Indonesia, sudah semestinya Teuku Markam pantas disebut sebagai salah satu pahlawan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar